Jelajah
IMG-LOGO
Berita Terkini

MUSRENBANGDES

Create By Tri Istanto 16 August 2023 131 Views
IMG

Selasa , 15 Agustus 2023

Bertempat di Aula Balai Desa Congkrang, hari ini dilaksanakan MUSRENBANGDES Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Dalam Rangka Penyusunan RKP Desa Tahun 2024. Sekretaris Desa Congkrang Bapak Muktadin Asim selaku pembawa acara membuka jalannya acara.

Kepala Desa Cogkrang Bapak Muh Kastoni dalam arahannya kembali memaparkan tentang apa yang dimaksud dengan pendapatan desa dan penggunaan dana pada lima bidang kegiatan diantaranya : 

·         Bidang Penyelenggara Pemerintaha Desa

·         Pembangunan Desa

·         Pembinaan Kemasyarakatan

·         Pemberdayaan Kemasyarakatan, dan

·         Bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat, dan Mendesak Desa.

 

Selain itu Kepala Desa menjelaskan bahwa Penyusunan RKP Desa Tahun 2024 masih mengacu pada RKP Desa Tahun lalu sehingga masih ada kegiatan untuk ketahanan pangan dan hewani intinya kegiatan untuk pemulihan ekonomi pasca Covid 19 dan apabila aturan berubah bisa mengikuti perubahan tersebut yang bisa dilaksanakan dengan pembuatan APBDes Perubahan.

Kepala Desa Congkrang Muh Kastoni menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan musrenbangdes kali ini harus mengacu pada beberapa capaian sasaran, diantaranya: 

·         Menyepakati daftar prioritas kegiatan

·         Menyepakati DU RKP

·         Menyepakati Delegasi Desa yang akan mengikuti Musrenbang Kecamatan

·         Menyepakati Kegiatan PORCAM pada lima cabang olahraga Populer

·         Prioritas program ketahanan pangan, pencegahan stunting , kemiskinan ekstrem dan

·         Program-program yang akan dilaksanakan di tahun 2024

Pendamping Desa dalam sambutannya ingin memastikan bahwa RKP Tahun 2024 benar benar sudah disusun, selain itu beliau menyampaikan di tahun 2024 BLT Dana Desa tetap dilaksanakan dengan yang menyasar masyarakat miskin selain itu ada beberapa hal yang beliau disampaikan diantaranya tentang kegiatan pembangunan infrastruktur di desa, ketahanan pangan, membangun kembali BUMDES, dan kegiatan pencegahan stunting.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB ini berjalan dengan lancar. Turut hadir mengikuti MUSRENBANGDES hari ini Lembaga Desa Sedesa Congkrang, Ketua BPD Congkrang, Tokoh Masyarakat, Ketua PKK, Bidan Desa,Kader Kesehatan dan Posyandu, PPL Pertanian, Koordinator KPMD,Anggota BUMDes, Duta Digital, Ketua RT RW Sedesa Congkrang, Anggota BPD Congkrang, Pendamping Desa, Babinsa ,Bhabinkamtibmas Desa Congkrang, dan Ketua Karang Taruna.(triist).’