Jelajah
IMG-LOGO
Berita Terkini

PERESMIAN RUANG KOMUNITAS DIGITAL DESA (RKDD) DESA CONGKRANG

Create By Tri Istanto 06 October 2023 339 Views
IMG

Pada hari Kamis tanggal 5 Oktober 2023 di Desa Congkrang yang diprakarsai Pemerintah Desa dihadiri Lembaga Desa, TP PKK, Kader Kesehatan,Karang Taruna,Konten Creator Muda Desa,Kader Digital ,Duta Digital ,Camat Muntilan,dan Masyarakat ,telah diadakan Sosialisasi RKDD dan sekaligus peresmian RKDD Desa Congkrang Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang.

Muh Kastoni ,Kepala Desa Congkrang dalam sambutanya memaparkan “Dalam rangka mendukung program Smart Village atau Desa Cerdas dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) , Pemerintah Desa Congkrang telah menyelesaikan pembangunan Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) dianggarkan dari APBDes tahun 2023 sumberdana Dana Desa sebesar 36.225.000.” paparnya.

“(Desa Cerdas) adalah Desa yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa, Dalam Program Peningkatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) melalui Program Desa Cerdas mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu sektor prioritas dalam penggunaan dana desa yang diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa.harapannya dengan RKDD dapat menajdi satu ruang yang disediakan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi informasi  dan teknologi digital.”pungkasnya.

Hadir pula Sekretaris Camat Muntilan Drs.Didik Suswanto Eko Putro yang secara langsung meresmikan RKDD Desa Congkrang.

Ruang Komunitas Digital Desa semoga dapat memacu Masyarakat Desa Congkrang dalam meningkatkan kualitas hidup,utamanya terkait literasi digital.Ruang Komunitas Digital Desa istilah yang mengacu pada platform atau ruang online yang dibuat untuk membantu komunitas desa atau masyarakat pedesaan berinteraksi, berbagi informasi, dan berkolaborasi secara digital. Tujuan utama dari konsep ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dan perkembangan ekonomi di desa-desa dengan memanfaatkan teknologi digital dan internet.”Papar Didik

Dalam Sosialisasi yang disampaikan oleh Duta Digital Khoirul Muna beliau menyampaikan beberapa elemen penting yang terkait dengan Ruang Komunitas Digital Desa:

1.   Akses Internet: Salah satu komponen kunci dari ruang komunitas digital desa adalah akses internet yang luas dan terjangkau di daerah tersebut. Tanpa akses internet yang memadai, komunitas desa akan kesulitan untuk memanfaatkan potensi teknologi digital.

2.   Website atau Aplikasi: Ruang komunitas digital desa sering kali memiliki platform berupa website atau aplikasi khusus yang memungkinkan anggota komunitas untuk berinteraksi, mengakses informasi, dan berkolaborasi secara online. Platform ini dapat digunakan untuk berbagi berita, agenda lokal, peluang bisnis, dan sumber daya lainnya.

3.   Pelatihan dan Edukasi: Dalam rangka mendukung pengembangan keterampilan digital di antara anggota komunitas desa, pelatihan dan program pendidikan seringkali diselenggarakan. Ini dapat melibatkan pelatihan tentang cara menggunakan teknologi, membuat situs web, mengelola bisnis online, dan lain sebagainya.

4.   Pemasaran dan Ekonomi Digital: Ruang komunitas digital desa dapat membantu anggotanya untuk mempromosikan produk atau jasa mereka secara online. Ini dapat melibatkan pembuatan situs web e-commerce, strategi pemasaran digital, dan berbagai cara lain untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan lokal.

5.   Jaringan Sosial: Membangun jaringan sosial yang kuat di antara anggota komunitas sangat penting. Ini dapat membantu dalam pertukaran ide, dukungan, dan kolaborasi dalam berbagai inisiatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup di desa.

6.   Pertanian Digital: Di banyak desa, teknologi digital juga dapat diterapkan dalam sektor pertanian untuk mengoptimalkan produksi dan manajemen sumber daya alam.

7.   Partisipasi Masyarakat: Ruang komunitas digital desa juga memungkinkan partisipasi aktif dari semua anggota masyarakat dalam pembuatan keputusan lokal, program pengembangan, dan proyek-proyek lain yang memengaruhi desa mereka.

Penting untuk diingat bahwa konsep Ruang Komunitas Digital Desa dapat berbeda-beda di berbagai tempat dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik setiap komunitas desa. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa teknologi digital benar-benar memberikan manfaat bagi komunitas tersebut dan mendukung pembangunan berkelanjutan di pedesaan.(triistan)