Jelajah
MENUJU DESA CONGKRANG MAJU , BERTAQWA , DAN SEJAHTERA
IMG-LOGO
Berita

KADES CONGKRANG BELANJA BURSA INOVASI DESA

Create By 02 September 2019 7 Views
IMG

Desa Congkrang ,1 September 2019

 

BURSA INOVASI DESA  (BID) MUNTILAN SEBAGAI INSPIRASI DESA

 

 Bursa Inovasi Desa kali ini berbeda dengan kegiatan di kecamatan lain dengan tampilan yang menarik dan menginspiratif kecamatan lain. BID dilaksanakan juga untuk membantu desa dalam meningkatkan kwalitas pembangunan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternative kegiatan bagi pembangunan desa.Kegiatan ini dilaksanakan Rabu, 24 Juli 2019 di TEA Desa Sokorini Muntilan hadir Konsultan Pendamping Wilayah 4 Prov. Jateng, Kepala Dinas Dispermades Kab. Magelang, Plt. Camat Muntilan, Sekretaris Camat Muntilan.

 Kegiatan ini mempunyai tujuan sebagai forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yg berkembang di desa. Bursa Inovasi Desa merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa dan media belajar bagi desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yg dapat mendukung pembangunan desa.(papar ketua panitia)Nur Alam Kartika.

 Peserta BID kec Muntilan sejumlah 13 desa setiap desa di wakili oleh 3 peserta . ( kades, ketua BPD dan tokoh masyarakat). Jumlah capture inovasi desa ada 3 meliputi : SLBM Desa Pucung rejo, Rumah Pintar  Desa Sedayu, Dewi Dusatri  Desa Taman Agung. Selain itu Menu bursa di ambil dari Menu nasional 2017 dan 2018, Menu BID Kab Magelang 2018, Menu lokal kecamatan muntilan terdiri dari : 16 menu Infrastruktur, 9 Menu Sumber Daya Manusia dan 8 Menu Kewirausahaan.

 Kepala Desa Congkrang Muh Kastoni turut memeriahkan Bursa Inovasi Desa tersebut dan telah memilih Menu Infrastruktur untuk Desa Congkrang dalam Bursa Inovasi Desa "lebih spesifiknya adalah Pemberdayaan Wisata yaitu Wisata Kuliner sekaligus Wisata Religi Pasar Kramat Jum'at Pahing.(ungkapnya)

 

Plt Camat Muntilan Jawawi  mengucapkan terimakasih kepada Pendamping Desa dan Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Muntilan yang telah melaksanakan kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dengan semangat dan kreatifitas yang baik. Kegiatan ini tentu akan memberikan manfaat bagi tiap – tiap Desa yang hadir tentang adanya gambaran inovasi atau kreatifitas pengembangan desa di daerah masing – masing khususnya di wilayah Muntilan.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini desa mampu menganggarkan dengan ApbDes guna menginovasi desa masing – masing agar tercipta Desa Inovasi yang bisa menjadikan contoh.(triistan)